-->

Unlock Bootloader Xiaomi Work 100%

- 9:02 AM
Unlock Bootloader  (UBL) adalah suatu cara untuk membuka kunci bootloader  pada prangkat smartphoneuntuk perangkat smartphone XIAOMI menggunakan tool “Mi Unlock”, selama proses unlock dibutuhkan akses internet dengan akun Mi yang telah terdaftar dan disetujui permohonan akses unlock bootloadersebelumnya". 

Dikutif dari miui.web.id “xiaomi sudah mulai me-lock bootloader pada redmi Note 3 sejak pertama kali diluncurkan, yang tujuannya untuk melindungi keselamatan data pengguna". 

Seperti yang Xiaomi ungkap sebelumnya, Xiaomi akan membuat perubahan yang sama untuk Seri Mi lainnya secara bertahap. Dan Device selanjutnya seperti Mi 4c dan Mi Note Pro. Mungkin Juga untuk perangkat teranyar Xiaomi kedepannya.

Anda ingin tahu perbedaan perangkat lock bootloader dan unlock bootloader ?

Pada prangkat lock bootloader 
  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA
  2. Akses ROOT akan dinonaktifkan
  3. Untuk memperbarui perangkat via recovery perlu menggunakan Mi PC Suite


Sedangkan, pada unlock bootloader
  1. Biasanya tidak akan mempengaruhi update OTA. Namun ada sebagian pengguna yang mengganti sistem recovery menjadi recovery TWRP tidak dapat melakukan update via OTA dikarenakan fitur TWRP yang tidak menyediakan fitur tersebut
  2. Akses ROOT akan diaktifkan
  3. System recovery dapat digantikan dengan sistem recovery TWRP

Jika Anda sendiri tidak mengerti banyak hal tentang dunia Android mulai dari Flashing ROM, costom ROM, ROOTing, costom recovery TWRP, tweak dll. Unlock Bootloader sangat tidak disarankan, karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Anda atau data pribadi.
Tutorial ini bisa dikatakan pengalaman saya pribadi, dengan mencari berbagai sumber tutorial unlock bootloader yang membuat saya sedikit kebingungan untuk melakukan proses UBL pada prangkat smartphone  XIAOMI saya.

Mau tahu bagaimana caranya saya sukses 100 % berulang kali unlock bootloader ?

Tutorial ini saya bagi dengan dua tahap :
  1. Tahap Pertama, melakukan request atau permohonan unlock bootloader ke website http://en.miui.com/unlock/
  2. Tahap Kedua, proses unlock boot loader menggunakan tool Mi unlock


Persiapan :
  1. Perangkat Smartphone XIAOMI
  2. Komputer Bersistem OS Windows 7, 8 (8,1), 10 atau yang terbaru
  3. Kabel data XIAOMI atau yang sejenis yang berkualias baik
  4. Memiliki koneksi internet yang stabil
  5. Sudar memiliki akun Mi (kalau belum silahkan daftar terlebih  dahulu (www.account.xiaomi.com)
  6. Download driver qualcomm 64 bit / qualcomm 34 bit untuk driver prosesor MTK (download sesuai tipe prosesor smartphone) *Abaikan saja kalau sudah terinstall MiFlashtool pada qualcomm prosesor 
  7. Download Mi Unlock  mirror link
  8. Download ROM Fastboot China Developer 

Saran saya cobalah terlebih dahulu unlock dengan ROM MIUI yang ada anda gunakan sekarang, apabila gagal verifikasi stop pada 50% baru pindah ROM China Developer.

Tahap Pertama Permohonan Unlock Bootloader (Apply Unlock Bootloader)

Anda harus melakukan permohonan Unlock Bootloader terlebih dahulu dengan mengakses wesite http://en.miui.com/unlock/ dan dilanjutan dengan mengklik “Unlock Now”.

Setelah itu loging menggunakan akun mi yang anda gunakan pada perangkat smartphone XIAOMI Anda. 

Apa bila kesulitan dengan bahasa yang digunakan, lakukan pengaturan pada bahasa dengan mengklik pada simbol “...” yang ada pada deretan bahasa yang digunakan.

Apabila muncul pesan seperti ini buat saja nick name Anda (tanpa menggunakan spasi) dan setelah disetujui nantinya akan di arahkan ke forum miui.com dan langsung saja kembali mengakses website http://en.miui.com/unlock/ 

Bagi yang sudah pernah mengikuti forum diskusi di miui.com, tampilan seperti ini tidak akan muncul pada langkah ini. 
Lanjutkan dengan mengklik kembali Unlock Now.


Akan muncul formulir pengisian untuk permohonan Unlock Bootloader pada kolom“please input your name” isi sesuai nama yang dikehendaki (tanpa spasi) “please input your mobile number” masukkan no handphone Anda, dan pada kolom pengisian “please state the real reason for unlocking in English. Copied reason might get your request rejected!” isi pesan dalam bahasa Inggris !!!

Isi dengan alasan Anda ingin unlock bootloader misal dengan menulis “I will install costom ROM Redmi note 3 Pro. I will modify xiaomi device” *sesuaikan dengan perangkat smartphone Anda.


Setelah selesai mengisi formulir pengisian, masukkan kode yang tertera pada bagian kanan kolom pada kolom pengisian dan contreng I comfim that....” dan Klikaplly Now, tunggu beberapa saat akan ada SMS masuk dari XIAOMI.  dan isi kolom dengan kode konfirmasi dan klik next.

“Submitted. Please wait for the review” pesan ini berarti proses permohonan unlock selesai dan “sukses”. 

Apabila muncul pesan “Please input correct name” itu artinya ada kesalahan dalam penulisan nama, jangan gunakan spasi.


Naah.. Sekang apa harus harus Anda lakukan...?

Menunggu.... Ya menunggu.... mungkin sedikit membosankan bagi yang sangat berkeinginan melakukan proses selanjutnya.... Hehehe

Permohonan unlock bootoader tersebut akan diproses lebih kurang 10 hari namun Pengalaman saya sendiri memakan waktu kurang lebih 4 hari tergantung kondisi dan situasi dilapangan hehe... di CS-Nya XIAOMI. Apabila mendapatkan persetujuan akan mendapat pesan SMS dari XIAOMI. 

“You’ve been granted the permission tu unlock your device (Mi Account [akun Anda]) download mi Unlock Tool at http://en.miui.com/unlock/

Kok lama amat...??
Karena yang mengirim permohonan bukan Anda saja, bukan di negara Indonesia saja tapi juga para pengguna perangkat smartphone XIAOMI di dunia yang ingin melakukan proses unlock bootloader. 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search